Midnight Academy
Selamat Datang Di MA Dimana Kamu Main RPG Berbasis Battle, School, etc, games, dan lain-lain Segera Lah Register Kalau Guest Dan patuhi aturan, jangan sungkan ikutan Gabung

Administrator Team


Welcome to Midnight Academy
 
HomeNewsCalendarGalleryFAQSearchMemberlistUsergroupsRegisterLog in
Midnight Academy
Forum AgoessNaruto ● Forum Diskusi Naruto
Tempat untuk para maniak Naruto
Paradox academy.
Mirai Academy
Public School, Official RPF
Animanga Indonesia Fan
Control Panel

Guest profile

Information

Preference

Signature

Avatar

Social

Friends and Foes

Memberlist

Groups

Private messages

Inbox

PM sent

Other

Topic is being watched

Switch account:



Share | 
 

 [Sharing] Explore Your RP Description

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Shuusuke Akai
Special Admin
Special Admin
avatar

Jumlah posting : 93
Join date : 2013-08-16

PostSubject: [Sharing] Explore Your RP Description   Tue Aug 20, 2013 3:49 pm

Halo semua,

Akai mau sharing sedikit nih, meskipun lagi belajar juga soalnya udah lama nggak maen RP. Bukan bermaksud sok tahu, tapi Akai cuma mau bagi-bagi apa yang Akai tahu soal RP--bagaimana bikin RP yang deskriptif dan nggak oneliner plus enak dinikmati oleh roleplayer lain.

Sejauh yang Akai lihat di RP-RP yang sudah berjalan, tidak sedikit yang hanya mempost dialog ataupun deskripsi singkat sebatas satu paragraf yang berisi 2-3 kalimat saja. Menurut Akai, hal tersebut kurang cukup untuk menjelaskan situasi yang ada dalam RP yang sedang berlangsung. Ada ruang lingkup RP yang mengharuskan untuk langsung memainkan pada intinya saja, ada pula yang memerlukan deskripsi jelas agar roleplayer lain bisa lebih mudah mengerti maksud dari si pembuat topik. Di forum-forum seperti ini, biasanya ada yang dikenal dengan istilah ChatBox / ShoutBox RP dan General RP.

  1. ChatBox / ShoutBox RP, seperti namanya, dilakukan di Chat Box atau Shout Box yang tersedia di masing-masing forum. Pada intinya, RP macam ini kebanyakan dalam bentuk dialog dan atau sedikit aksi yang mendukung dialog tersebut. Bentuknya mirip ketika sedang menyusun naskah drama. Contoh:
    Quote :
    Member A (sebagai Y): Oh X-sama, maafkan saya! Sungguh, saya tidak tahu apa-apa soal gulungan itu! *terisak*
    Member B (sebagai X): *nendang Y* Dasar pembohong! Aku punya bukti bahwa kaulah yang mencuri gulungan itu dari kamarku! ((maaf kalo frontal gitu ya, emang gitu sih karakternya :d))
    Member A: *ketendang* *bangkit lagi* Demi langit, X-sama! Itu bukan saya! Anda harus percaya dengan saya! ((gapapa lol, kan menjiwai Very Happy))

    Dimana kata-kata dalam tanda kurung dobel adalah pembicaraan OOT / Out-RP.
  2. General RP, yah, kalau di forum seperti ini maka dilakukan di topik-topik yang telah dibuat oleh seorang roleplayer. Pada umumnya lebih menekankan ke deskripsi daripada dialog karena terdapat space yang luas bagi sang roleplayer untuk mengeksplorasi situasi RP.

Dan yang akan Akai share adalah mengenai General RP tersebut. Sebelum ke inti pembahasan, yuk kita lihat contoh berikut:
Quote :
Member A
Si A berjalan memasuki ruangan. "Permisi," ujarnya.

Member B
B menyuguhkan minuman kepada si A yang baru saja masuk. "Pelayanan spesial untuk tamu yang sedang kesusahan! Ada yang bisa kubantu?"
Ketika melihat contoh di atas, setidaknya pasti ada satu atau dua hal yang ingin kalian ketahui lebih dalam tentang adegan roleplay tersebut. Seperti apakah penampilan si A itu? Ruangan seperti apa yang dimasuki si A? Minuman apa yang disuguhkan si B? Soda? Air mineral? Sekarang coba bandingkan contoh sebelumnya dengan yang satu ini.

Quote :
Member A
Poni panjang menutupi mata A yang bagai permata Ruby mengkilap. Pakaiannya merupakan perpaduan warna hitam dan merah, serta diselimuti oleh jubah hitam berbahan beludru. Bisa dinilai ia adalah seorang Petualang, namun ada sesuatu di balik air mukanya yang bahkan anak kecil pun tahu bahwa ia memiliki banyak masalah. Takdir yang membawanya ke bar ini. Sejauh yang ia ingat, ia telah kehilangan arah ke tempat tujuannya. Dan bar ini adalah satu-satunya tempat dimana ia dapat memperoleh informasi tentang keberadaannya sekarang. Dengan langkah tertatih-tatih, ia pun memasuki bar itu.

"Permisi," ujarnya.

Member B
B dengan lap birunya sedang membersihkan meja ketika sesosok misterius berjubah hitam memasuki barnya. Sedikit terkejut melihat penampilan A, tetapi ia telah berjumpa dengan banyak orang yang berpakaian lebih aneh dari itu, mereka yang diberi titel 'Para Petualang'. Namun kali ini, B merasa ada yang tidak beres. Bulu kuduknya tak bisa berhenti berdiri, tengkuknya tak bisa berhenti menggigil. Ada sesuatu yang salah dengan A.

Tetapi walaupun tahu begitu, ia malah menyuguhinya dengan segelas susu segar dalam gelas bir berukuran jumbo. "Pelayanan spesial untuk tamu yang sedang kesusahan! Ada yang bisa kubantu?"
Lihat kan bedanya? Pada contoh kedua member A menjelaskan lebih lanjut tentang penampilan si A, bagaimana kondisinya ketika ia memasuki bar itu. Member B mendeskripsikan apa yang ia lakukan sebelum si A memasuki bar milik B, dan minuman apa yang disuguhkan oleh B. Deskripsi membuat sebuah adegan menjadi lebih jelas dari sekedar posting 1-2 kalimat saja. Dengan deskripsi, roleplayer lain akan lebih mengerti apa yang sedang terjadi dalam suatu roleplay dan membuat mereka lebih mudah untuk merespon terhadap roleplay tersebut.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mendeskripsikan suatu situasi dalam roleplay dengan lebih rinci?

Jawabannya mudah. Explore.

Misalkan kamu mengawali roleplay dengan sebuah ide: seseorang yang memasuki bar untuk mencari informasi. Berikan pertanyaan pada dirimu sendiri untuk mengembangkan ide tersebut agar menjadi sebuah paragraf roleplay yang deskriptif, seperti: Siapakah seseorang yang dimaksud? Seperti apakah penampilannya ketika adegan tersebut berlangsung? Informasi seperti apa yang ingin ia cari? Siapakah yang kira-kira akan membantunya?
Lalu setelah menemukan jawaban atas pertanyaan itu, susunlah jawabannya dalam sebuah paragraf yang runtut sesuai kronologi terjadinya adegan. Kalau stuck, kamu bisa menggambarkan situasi yang terdapat dalam latar tempat roleplay itu. Akai sering begitu kalau terserang Writer's Block, jadi susah mendapatkan ide mau menulis apa.

Untuk bisa mendeskripsikan suatu adegan roleplay dengan terperinci memang butuh waktu. Nggak ada yang langsung bisa tanpa proses, kok. Dengan hanya menyebut 'Abrakadabra' saja, deskripsi RP-mu nggak bakalan langsung panjang dan mendetail gitu. Kamu dapat mereview ulang post-post RPmu, dan jika mulai muncul pertanyaan di pikiranmu seperti "Kok bisa?" atau "Terus kenapa?", berarti ada hal yang perlu kamu perbaiki dan kembangkan. Everything starts from Trials and Errors. Semuanya bermula dari kesalahan. Jangan pernah takut untuk salah, karena kamu bisa belajar dari kesalahan agar bisa menjadi lebih baik. Dan kembangkan imajinasimu dengan lebih mengeksplorasi RP yang akan kamu buat. Who knows? Siapa tahu kamu bisa menemukan gaya menulismu sendiri!

Mungkin itu aja sih dari Akai untuk saat ini. Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan karena setiap manusia tidak lepas dari salah dan khilaf. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca, dan happy roleplaying!

Shuusuke Akai, logging out!
Back to top Go down
View user profile
Scarlet
Webmaster Away Webmaster
Webmaster Away Webmaster
avatar

Member Title : WB, WB everywhere~
Jumlah posting : 562
Join date : 2013-04-05

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Wed Aug 21, 2013 9:16 am

Resmi double Contribute Point,Contribute Point bertambah seiring keaktivan trit.

_________________
Try to mess out with me? Smile Don't mess with the best or you die with your head separated from your body.. Wanna try ? Smile
Back to top Go down
View user profile http://midnightacademy.indonesianforum.net
Rivaille
Administrator - Technical Division
Administrator - Technical Division
avatar

Member Title : Rivailleeeee---- #nak
Jumlah posting : 188
Join date : 2013-04-06

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Fri Aug 23, 2013 7:07 am

:siip: post yang bermanfaat

Karena saya mem-post,double Contribute Point lagi~

_________________
Set (c) Tsu - Rivaille (c) Hajime Isayama
Back to top Go down
View user profile
Ryokkun
Expectant
Expectant
avatar

Jumlah posting : 30
Join date : 2013-08-22

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Fri Aug 23, 2013 1:03 pm

Karena post saya sebelumnya kena restore, dan kemungkinan besar si topic starter nggak baca, jadi saya post ulang Very Happy

Sasuga Sei-chan, great article! Saran loh ya, gimana kamu bikin lanjutannya; bagaimana pertanyaan yang didapat saat brainstorming / eksplorasi itu bisa disusun jadi paragraf RP yang baik dan terstruktur. Kalo ini kan lebih ke bagaimana mengembangkan paragraf RP biar nggak oneliner kan?
Anyways, good job ;D
Back to top Go down
View user profile
Rivaille
Administrator - Technical Division
Administrator - Technical Division
avatar

Member Title : Rivailleeeee---- #nak
Jumlah posting : 188
Join date : 2013-04-06

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Fri Aug 23, 2013 3:45 pm

Oke karena Ryokkun nge-post maka +2 CP lagi disumbang :siip:

_________________
Set (c) Tsu - Rivaille (c) Hajime Isayama
Back to top Go down
View user profile
Ume Itsuka
Student Senior
Student Senior
avatar

Jumlah posting : 21
Join date : 2013-12-06

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Sat Dec 07, 2013 5:06 pm

Erhm, artikel yang bagus. Tapi; Ume mau nambah, dong. Bukannya Ume kurang merhatiin.

Supaya membuat teks RP yang gak oneliner, mungkin juga benar, pake eksplorasi. Tapi gimana kalau kita buat plot-nya dulu?

Misalnya gini nih:

Quote :
Si A memasukki perpustakaan -> Si A duduk di kursi baca -> Si A penasaran; dari tadi ada bau amis dari rak buku sejarah -> Si A menemukan Si B mati bergelimang darah.
Nah, itu tinggal dikembangkan memakai eksplorasi, supaya gak terlalu banyak pikir =] Ini sih cara Ume biasanya buat nyari kata-kata yang pas buat adegan itu. RP itu sama aja kayak drama yang dimainkan dalam bentuk teks; dan kita adalah salah satu pemeran utama dalam drama-nya =)) #ngaco
Back to top Go down
View user profile
Rivaille
Administrator - Technical Division
Administrator - Technical Division
avatar

Member Title : Rivailleeeee---- #nak
Jumlah posting : 188
Join date : 2013-04-06

PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   Sat Dec 28, 2013 4:20 pm

@Ume-san:

Yosh, saran yang bagus, mungkin bisa dicoba. +1 Rep dulu untuk Ume-san.
Tapi, kalo yg diatas mungkin lebih menjurus ke cerita, soalnya si A bakal godmod kalo gitu. Gimana kalo kita bikin kayak gini aja dulu:

Quote :
Si A memasukki perpustakaan -> Si A berjalan menuju bangku baca, kemudian duduk -> Si A penasaran, mengapa ada bau amis dari kumpulan buku sejarah. A terheran-heran, bau itu tak kunjung hilang -> A berjalan menuju rak buku sejarah

Lalu, B lanjut mengarang plot:

Quote :
Sepertinya si A terkejut karena menemukan bangkai B -> Darah B mulai menggenang ke segala arah

Btw

Karena ini bukan event Double Point
Jadi point CP yg dibagikan hanyalah dengan jumlah post, ex:

Ume mem-post: Ablablablablabla
Berarti yg bertambah hanya +1 CP.

Karena saya menyumbangkan hal yg masuk ke dalam topik + me-reply milik Ume
+2 CP menjadi milik Shuusuke Akai, trus +1 CP dah ke Ume

_________________
Set (c) Tsu - Rivaille (c) Hajime Isayama
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: [Sharing] Explore Your RP Description   

Back to top Go down
 
[Sharing] Explore Your RP Description
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Network and Sharing Center in Windows 7
» Bake-Off with Biscoff Take-off with Delta! *usa only*
» Comic Physique?
» New to board, migraine-free one year, sharing my story
» How to explain what a Migraine is in simple terms?

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Midnight Academy :: MA Science Library :: MA's Library-
Jump to: